Hindari Pemborosan Menjelang Malam Pergantian Tahun

41

Beberapa hari lagi, kita semua akan merayakan malam pergantian tahun tepatnya pada 31 Desember 2016. Dalam menyambut pergantian tahun, tentu kita akan menampilkan segala macam hal yang terbaik. Sering kali apa yang kita tampilkan justru berlebihan sampai-sampai pemborosan keuangan.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mencegah pemborosan menjelang malam pergantian tahun namun tetap menampilkan hal yang terbaik?

Segala persiapan menjelang malam pergantian tahun, merupakan salah satu perayaan rutin yang telah terjadwalkan dalam kalender tahunan. Seharusnya setiap orang sudah tahu berapa anggaran yang dialokasikan ketika merayakan malam pergantian tahun pada tahun sebelumnya. Estimasi anggaran menjadi kunci utama untuk menghindari pemborosan ketika malam pergantian tahun.

Ketika kita sudah mengalokasikan anggaran, artinya ada sejumlah dana yang diperuntuhkan untuk merayakan malam pergantian tahun. Walaupun sudah mengalokasikan anggaran tak jarang banyak orang yang mengeluarkan dana lebih dari alokasi yang sudah ditentukan. Oleh karena itu dibutuhkan alokasi  kedua sebagai dana tambahan.

Disiplin adalah kunci utama agar kita tidak melakukan pemborosan. Kita harus memikirkan kebutuhan hidup ke depan. Jangan sampai setelah malam pergantian tahun kita dipusingkan dengan pengeluaran yang berlebih.

Meskipun perayaan malam pergantian tahun bersifat emosional, di mana setiap orang pantas berekspresi apapun untuk merayakan momen ini. Namun kita harus sadar bahwa momen seperti ini bukanlah momen darurat. Merayakan malam pergantian tahun bukan hanya dengan kemewahan yang dipenuhi dengan pemborosan. Melainkan dengan hati yang bersih dan keikhlasan.

Comments

Ingin menambahkan sesuatu? Tulis aja di bawah